Rabu, 12 Maret 2014

Cara Servis Ups Mati



Cara Servis UPS yang Tidak Bisa Menyimpan Listrik
Mungkin sudah banyak teman2x yang tahu cara mengatasi UPS yang tidak bisa menyimpan listrik saat listrik tiba2x padam, tapi kang EKO akan tetep mengulas barangkali ada teman2x yang belum tahu. Mau tahu caranya….?

Study kasusnya seperti ini :

Customer saya ada keluhan UPS yang biasanya nyimpen listrik saat PLN mati, ternyata saat PLN mati UPS ikut mati. Ini hanya salah satu contoh kasus.
Berikut ini ciri UPS yang Accunya rusak :
1. UPS nyala, tapi pada saat listrik mati langsung ikut mati tidak bisa menyimpan listrik. misal merk ICA
2. UPS tidak mau dinyalakan. Ini ciri dari UPS dengan merk tertentu, misal APC, dll
Jika anda mempunyai UPS dengan kerusakan seperti itu, berikut cara servicenya :
Cara Servis UPS yang Tidak Bisa Menyimpan Listrik :
1. Bongkar UPS nya
2. Cabut sambungan kabel ke Accu.
3. Catat ukuran Accunya, Accu menggunakan Accu Kering dan biasanya ukurannya 12v 7,2A.
4. Kalau anda masih ragu-ragu, accunya rusak atau tidak, maka ambil accu sepeda motor anda (tentunya yg masih bagus) dan coba sambungkan ke UPS tadi, menggunakan sambungan accu yg lama. Jangan sampe kebalik polaritas kabelnya, negatif dapat kabel hitam, dan positif dapat kabel merah.
5. Kemudian nyalakan UPS, kalau nyala normal, berarti anda tinggal membeli sparepart accu kering sesuai dengan accu UPS anda. Untuk Accu yg rusak dpat anda jual dengan harga 15 ribu-an. Kisaran harga accu kering 12v 7,2A sekitar 175 ribu-an.
6. Selesai.
Demikian sharing pengalaman kang eko, semoga manfaat bagi temen2x semua……


BERAPA LAMA SAYA BISA MENGOPERASIKAN UPS ? UPS sebagai pengaman perangkat elektronik ketika terjadi mati listrik (PLN) sering diaplikasikan untuk PC laptop, meski sebenarnya piranti ini juga bisa mengamankan piranti elektronik lainnya , seperti mesin fax, telphone, bahkan TV, Kulkas, dsb.

Prinsipnya UPS hanya berfungsi agar sumber tegangan listrik PLN mati mendadak, maka kita masih memiliki kesempatan untuk menggunakan perangkat elektronik tersebut sementara.

Beberapa UPS memiliki kekuatan daya pemakaian bervariasi. Yang saya gunakan ini memiliki kekuatan pemakaian sampai 20 jam jika piranti yang dihubungkan berdaya 60 Watt. Secara matematis , jika powersupply membutuhkan daya 450 Watt maka, otomatis UPS jika dalam performa normal hanya mampu beroperasi sekitar 2 jam -an saja.

KENAPA UPS TIBA-TIBA MATI TOTAL ?
Sebelum mati total, UPS biasanya menunjukkan gejala-gejala aneh, misalnya ;
1. Ketika sumber tegangan listrik PLN mati mendadak, UPS ikut mati.
    Umumnya , ketika listrik PLN mati, UPS tetap menyala, dan mengeluarkan bunyi beep berulang-ulang. Indikator LED akan berpindah dari "Normal" menjadi "Battery", yang artinya sumber tegangan listrik saat ini adalah dari yang disimpan oleh UPS.
2. Ketika UPS dalam kondisi mati, kemudian akan dipakai ( dinyalakan ), lampu LED tidak mau menuju "Normal", berhenti di "Battery" , lalu berpindah ke LED "Unusual". Meski setelah dicoba berulang-ulang akhirnya mau "Normal" juga dan bisa dioperasikan.
3. Pada saatnya, UPS tidak mau dinyalakan sama sekali, hanya berhenti di LED "Battery" , bunyi beep lama terjadi berulang ulang hingga akhirnya mati. Biasanya kita lalu charging UPS tersebut ke stop kontak dan membiarkannya begitu lama. Namun biasanya yang terjadi adalah UPS malah menjadi mati total, dan tidak mau dinyalakan sama sekali.


APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN ?
Ini adalah contoh UPS yang saya gunakan untuk kepentingan mengoperasikan 1 unit PC.


UPS ini mengalami trouble seperti yang sedang kita bicarakan. ketika power ditekan untuk menghidupkan, UPS tidak menunjukkan reaksi apapun.


Pada gambar diatas, seharusnya ketika UPS saya tekan tombol power (nyalakan), maka akan bereaksi signal LED secara berurutan mulai dari "Battery" lalu naik menuju ke "Normal".

Untuk memastikan apa penyebab dari kerusakan ini,maka kita cek terlebih dahulu Fuse ( sekering / pengaman / pemutus arus) dari UPS yang terletak di bagian belakang desain body UPS.







Jika tembaga FUSE tidak putus, maka dipastikan , penyebabnya pasti yang berhubungan dengan circuit board ataupun piranti penyimpan arusnya.

PILIH CARA TERMUDAH TERLEBIH DAHULU KETIKA MEMPERBAIKI KERUSAKAN
Prinsip dasar dari rangkaian UPS adalah rangkaian converter, rechargeable battery dan inverter. Arus listrik AC dari PLN perlu diubah menjadi arus searah (DC) agar dapat disimpan didalam battery ( penyimpan listrik), lalu diubah kembali oleh battery menjadi arus bolak balik ( AC) 220V agar dapat mensuplay tegangan piranti elektronik yang menggunakan arus AC. Untuk piranti elektronik yang menggunakan arus DC, produsen UPS sudah menyediakan slot khusus.

Jika UPS mati total, maka kemungkinan termudah adalah tidak adanya atau lemahnya tegangan yang mensupply sistem rangkaian elektroniknya, sehingga ketika tombol power dinyalakan, tidak ada reaksi apapun. Maka hal ini bisa terjadi karena battery-nya sudah tidak berfungsi dengan baik ( drop / soak / mati total   *** sesuai dengan gejala awal yang sudah disebutkan di point diatas).

Namun sebelum berkeputusan menggantinya battery lama dengan battery baru maka perlu dilakukan test battery dengan multitester untuk mengetahui kondisi battery.


MELEPAS BATTERY CHARGER UPS



UPS yang sama gunakan pada posting ini adalah PrimaTech. Untuk membongkar chassingnya cukup mudah, hanya dengan membuka 3 baut "+" kecil yang ada di bagian bawah dan belakang desain body.







Setelah ketiga baut terlepas maka, tarik chasing perlahan dari depan ke belakang , ikuti alurnya, dan jangan dipaksakan, cermati dengan teliti. Jika ada ganjalan maka cermati apa yang mengganjalnya,. Namun untuk UPS merk yang saya gunakan cukup simpel. Cukup ditarik ke belakang saja, maka chasing terlepas.




Untuk proses selanjutnya, silahkan anda baca posting yang berkaitan dengan ini. Karna saatnya makan siang tiba, saya maem dulu yah....hehehehehe....

32 komentar:

  1. Gan boleh minta petunjuk gak gan..... ups ak tak mau ngecas... batre di ukur normal dan sudah aku tambah air accu nya... apa solusinya gan...tq.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ukur tegangan setiap IC gan.
      IC keluaran dari trafo.
      pada umumnya kode IC yang dipakai 78xx (7812, atau 7824) kakinya 3 buah
      untuk cara mengetahui kondisi IC tersebut, dapat di cari di mbah gugle cara ngukurnya
      biasanya terjadi karena ada tegangan tinggi, atau short sirkuit.
      hati2 dalam perbaikan, AWAS menyentuh kapasitor yang ukuran besar voltase di atas ratusan volt. biasanya 400V
      di buang dulu tegangannya biar aman. saya juga pemula melihat perbaikan ups kemarin
      :)

      Hapus
    2. mas gondo tolong dibantu masalah mas Hendi Song di bawah..
      masalah saya hampir sama sprti masalah mas Hendi

      Hapus
  2. gan mau tanya sedikit, ups saya bisa ngecas, tetapi pas lampu mati komputer ikut mati jg???? udah saya coba instruksi seperti di atas saya tukar dengan accu yg baru tetap tidak bisa mengeluarkan daya nya? kira" apa ya gan? mohon bimbingan nya????

    BalasHapus
  3. mau nanya nih mas saya punya ups APC 3000 VA, tapi ketika di colokan kelistrik dengan daya 900 kok listrik saya langsung njeglek ya. apakah ups tersebut harus di di colokin dengan listrik 5000 watt misalnya biar kuat? atau memang ada kerusakan di UPSnya? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Andre Photograhy@
      Kalau beben melebihi dari 900 ya jelas jeglek kang..

      Hapus
  4. blog aneh... gimana bisa konsen belajar kalo ada lagunya kek gt... -_-

    BalasHapus
  5. mas mau tanya ups saya model ica bunyi tit trus menerus apanya yg perlu d ganti

    BalasHapus
  6. pak admin,, pernah ngalamin masalah UPS yang gini gak,,,
    kalau kondisi UPS backup di kabel powernya ada arus listrik 220 juga,, dan berbahaya pastinya kalau tersentuh,,, itu apanya yang harus di cek ya,,, output dari backup semua normal,, UPS ICA 602B
    thanks pak admin.

    BalasHapus
  7. kalo masalah punya gw gini gan
    dia bekerja normal tapi suatu hari dia ga bisa tersambung ke listrik
    jadi langsung pake tenaga upsnya
    kira kira apa yang rusak ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Julianto christian@
      Coba cek fuse/sekeringnya kemungkinan putus..

      Hapus
  8. Mat pagi gan. Mohon bantuanya... saya barusan beli APC SMART UPS SC 1000, Trus ketika saya pasang/on, sekitar 20 menit lampu indikator merah kode (gambar aki "X") menyala.. setelah itu di cabut & d hub kembali proses masi sama lampu merah dan alarm bunyi.. mohon bantuan masalahnya dimana n apa yg harus saya lakukan. Thx gan

    BalasHapus
  9. Mat pagi gan. Mohon bantuanya... saya barusan beli APC SMART UPS SC 1000, Trus ketika saya pasang/on, sekitar 20 menit lampu indikator merah kode (gambar aki "X") menyala.. setelah itu di cabut & d hub kembali proses masi sama lampu merah dan alarm bunyi.. mohon bantuan masalahnya dimana n apa yg harus saya lakukan. Thx gan

    BalasHapus
  10. Gan mau tanya,ane pakai ups ICA CE600.Kalau listrik PLN keadaan stanby dan ane colokin dvr cctv.Kalau malam ups bisa mati sendiri.Seperti ada timer di ups.Pagi2 bisa hidup kembali ups nya.Apa betul cara kerjanya begitu? Terimakasih.

    BalasHapus
  11. kalau aki bawaan ups prolink 8.2amper dan saya ganti dengan aki yuasa 7amper apakah bisa mas ?
    plus sama minusnya apa ??

    BalasHapus
  12. Mas ikut nanya ya..UPS 3000VA saya ketika di suplay dari PLN mau ngisi. Tetati ketika PLN off dan di suplay oleh genset tidak mau ngisi dan alarm berbunyi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. listrik dari pln gelombangnya pure sine wave, klo dari gensetnya kemungkinan bukan PSW dan upsnya nolak/ga cocok buat genset

      Hapus
  13. Mas ikut nanya ya..UPS 3000VA saya ketika di suplay dari PLN mau ngisi. Tetati ketika PLN off dan di suplay oleh genset tidak mau ngisi dan alarm berbunyi.Genset saya cuma 3000WAAT. itu kenapa ya mas..?? mohon solusinya..terimakasih

    BalasHapus
  14. Mengatasi F03 pada ups topas gan gimana caranya

    BalasHapus
  15. Bos ups apc 800 klu di cas bunyi panjang kira"apanya bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan aki dah jelek, cek manualnya yg dari apc

      Hapus
  16. sy punya ups ica 1000w/2000va tadinya mati total tp setelah sy ganti batre dgn yg baru menyala lampu indikator warna merah dan hijau. kenapa ya bos bisa di bantu

    BalasHapus
  17. sy punya ups tapi nda tahan smpe 2 menit lalu mati. apa yah solusinya....,?

    BalasHapus
  18. Gan mau nanya saya punya ups ica klu di copot dari colokan listrik ups nya juga ikut mati gmn ya Gan

    BalasHapus
  19. Gan mau nanya saya punya ups ica klu di copot dari colokan listrik ups nya juga ikut mati gmn ya Gan

    BalasHapus
  20. saya udah ganti baterai tapi tidak mengisi gimana nih?

    BalasHapus
  21. Kasus pada ups apc 800 saya ga bisa simpan daya,digunakan untuk dibawah 800 meteran jegleg,itu kenapa ya gan?

    BalasHapus
  22. UPS saya baterainya 100% tapi tidak mau menyalurkan listrik, solusinya gimana ya? (Maklum anak baru)

    BalasHapus
  23. Gan mau tanya ups saya kok bikin MCB di kWh meter sering ngetrip ya akhir akhir ini

    BalasHapus